Sabtu, 21 April 2012

Guru Berkualitas, Ciptakan Siswa Berkualitas



Oleh: Afriansyah


Dalam suatu sistem pendidikan, kualitas siswa yang dihasilkan merupakan suatu tolok ukur dari keberhasilan sebuah sistem pendidikan. Kualitas siswa akan sangat terlihat ketika mereka berada dimasyarakat. Disinilah mereka akan memperlihatkan kualitas mereka. Masyarakatlah yang nantinya akan melihat baik buruknya kualitas seorang siswa. Baik ketika ia masih berada dibangku sekolah, maupun ketika ia sudah menamatkan diri dari sekolah itu.
Untuk mewujudkan siswa serta para alumnus yang berkualitas, diperlukan pula pengajar yang berkualitas. Hal ini karena, guru adalah idola yang nyata bagi siswa. Setiap tindakan guru sedikit banyaknya akan mempengaruhi kualitas dari siswa. Guru yang berkualitas tidak hanya diukur dari tinggi rendahnya pendidikan seorang guru. Pendidikan minimal S1 yang diwajibkan untuk setiap guru hanyalah untuk mengikuti perkembangan zaman. Dengan adanya dampak globalisasi yang telah masuk kenegara kita, membuat pemikiran para siswa tidak sama seperti dulu lagi. Sehingga pemikiran merekapun lebih maju. Untuk mengimbangi hal tersebut, dibuatlah peraturan ini.
Disamping pendidikan seorang guru, guru yang berkualitas juga memiliki ciri lain. Ada banyak hal yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk menjadi guru yang berkualitas. Diantaranya adalah kedisiplinan, tata krama, teknik pengajaran, dan banyak hal lain yang harus mereka kuasai.
Yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah akhlak dan budi pekerti yang baik. Setiap perilaku guru, secara langsung ataupun tidak langsung akan dicontoh oleh muridnya. Seperti kata pepatah ”guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Hal ini membuktikan bahwa murid adalah pencotek yang baik. Ketika seorang guru tidak bisa menjaga hal ini, maka murid yang melihat kelakuan dari guru tersebut akan dengan mudah mengikuti setiap perilaku guru. Bagaimana mungkin kita bisa menciptakan siswa yang berkualitas, jika gurunya berkelakuan buruk?
Selain budi pekerti, seorang guru juga harus mempunyai kedisiplinan. Kedisplinan merupakan kunci bagi siswa untuk sukses nantinya. Dengan disiplin terhadap waktu, pekerjaan, dan lainnya, maka hidup akan jadi teratur. Seorang guru harus menunjukan sikap disiplin terhadap anak didiknya. Sikap seperti ini harus ditanamkan kepada diri siswa agar ketika mereka berada dimasyarakat, mereka dapat menerapkan sikap ini.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah teknik mengajar dari seorang guru. Selain akhlak dan mental para peserta didik, ilmu yang diberikan kepada mereka juga sangat penting untuk mengetahui kualitas mereka. Dalam proses pembelajaran tidak semua murid yang mempunyai kecakapan untuk menerima pelajaran dengan baik. Setiap guru yang masuk kedalam kelas untuk menyampaikan materi harus mempunyai strategi khusus agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Selain itu strategi yang digunakan harus bervariasi agar tidak membuat para siswa menjadi bosan.
Selain ketiga poin diatas masih banyak lagi hal yang harus dikuasai oleh seorang guru. Namun dengan memiliki sikap seperti itu, sedikit banyaknya akan mempengaruhi kualitas dari para siswa. Dengan memiliki guru yang berkualitas tentu akan menciptakan siswa yang berkualitas pula. Guru yang berkualitas akan menjadi harapan pendidikan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tambahkan komentar anda